Wednesday, 16 August 2017

Jika Berjamaah Dengan Imam Yang Tidak Qunut, Bagaimana?

Image result for Jika Berjamaah Dengan Imam Yang Tidak Qunut


Pendapat Imam Ibnu Taimiah:
فَإِذَا كَانَ الْمُقَلِ دُ يُقَلِ دُ فِي مَسْألََةٍ يَرَاهَا أَصْلَحَ فِي دِينِهِ أَوْ الْقَوْلُ بِهَا أرَْجَحُ أَوْ نَحْوِ ذَلِكَ جَازَ هَذَا بِات عَاقِ جَمَاهِيرِ عُلَمَاءِ الْمُسْلِمِينَ لَمْ
يُحَ رمْ ذَلِكَ لَا أَبُو حَنِيعَة وَلَا مَالِكٌ وَلَا الشَّ افِعِيُّ وَلَا أَحْمَد . وَكَذَلِكَ الْوِتْرُ وَغَيْرُه يَنْبَغِي لِلْمَأْمُومِ أَنْ يَتْبَاَ فِيهِ إمَامَه فَإِنْ قَنَتَ قَنَتَ
مَعَه وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ لَمْ يَقْنُتْ وَإِنْ صَلَّى بِثلَاَثِ رَكَعَاتٍ مَوْصُولَةٍ فَعَلَ ذَلِكَ وَإِنْ فَصَلَ فَصَلَ أيَْضًا . وَمِنْ النَّاسِ مَنْ يَخْتَارُ لِلْمَأْمُومِ أنَْ يَصِلَ إذَا فَصَلَ إمَامُه وَالْأَوَّلُ أَصَحُّ وَاَللََُّّ أَعْلَمُ
Jika seorang yang bertaklid itu bertaklid dalam suatu masalah yang menurutnya baik menurut agamanya atau pendapat itu kuat atau seperti itu, maka boleh berdasarkan kesepakatan jumhur ulama muslimin, tidak diharamkan oleh Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hanbali. Demikian juga pada shalat witir dan shalat lain, selayaknya bagi makmum mengikuti imamnya. Jika imamnya membaca qunut, maka ia ikut membaca qunut bersamanya. Jika imamnya tidak berqunut, maka ia tidak berqunut. Jika imamnya shalat 3 rakaat bersambung, maka ia melakukan itu juga. Jika dipisahkan, maka ia laksanakan terpisah. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa makmum tetap menyambung jika imamnya melaksanakannya terpisah. Pendapat pertama lebih shahih. Wallahu a’lam (Imam Ibnu Taimiah, Majmu’ Fatawa Ibn Taimiah, juz.V, hal.360.)
Pendapat Syekh Ibnu ‘Utsaimin:
وسئل فضيلة الشيخ: عن حكم القنوت في صلاة العريضة؛ والصلاة خلف إمام يقنت في العريضة؟
… فأجاب فضيلته بقوله: الذي نرى أن لا قنوت في العرائض إلا في النوازل، لكن من صلى خلف إمام يقنت فليتابعه درءاً
للعتنة، وتأليعا للقلوب.
Syekh Ibnu ‘Utsaimin ditanya tentang hukum Qunut pada shalat Fardhu di belakang imam yang membaca Qunut pada shalat Fardhu?
Syekh Ibnu ‘Utsaimin menjawab: “Menurut kami, tidak ada Qunut pada shalat Fardhu, kecuali Qunut Nawazil. Akan tetapi, jika seseorang shalat di belakang imam yang membaca Qunut, maka hendaklah ia mengikuti imamnya, untuk menolak fitnah dan mempertautkan hati,” (Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin, juz.XIV, hal.113.)
Sumber : http://ift.tt/1xyt7Ll


from Jom Dakwah http://ift.tt/2uQMZ01
via Kuliah Islam

No comments:

Post a Comment